Variable Penentu Harga Sebuah Jasa SEO

Variable Penentu Harga Sebuah Jasa SEO

Apa Parameter yang Digunakan untuk Menentukan harga Sebuah Jasa SEO ?

Ketika Anda menanyakan harga pada sebuah agency jasa SEO, maka kemungkinan besar Anda akan mendapati nilai yang berbeda-beda dari seiap agency. Lantas, apa yang membuat harga yang diberikan berbeda-beda untuk sebuah layanan yang sama  ?

Sangat penting untuk mengetahui variable penentu harga ketika Anda memesan sebuah jasa yang Anda tidak ketahui teknisnya. Jangan sampai Anda terjebak dalam kondisi dimana Anda diberi harga murah diawal, namun Anda harus mengeluarkan biaya-biaya tambahan selanjutnya yang nilainya malah jauh lebih besar daripada biaya yang Anda bayarkan sebelumnya (banyak kasus terjadi demikian !).

Jangan juga Anda tergiur dengan harga yang sangat murah yang berada jauh dibawah harga semestinya, namun executor SEO Anda bukan agency yang kompeten, trustable dan berani memberikan garansi uang kembali kepada Anda jika target yang Anda berikan tidak tercapai.

Lantas, apa parameter yang digunakan untuk menentukan harga sebuah jasa SEO ?

 

         1. Tingkat Kesulitan / Tingkat Kompetensi Sebuah Keyword

Variable ini sangat berpengaruh terhadap harga yang ditawarkan oleh suatu agency SEO. Karenanya Anda akan mendapati kenapa setiap keyword memiliki harga yang berbeda-beda.Ada beberapa agency yang memberikan harga 2 jutaan / bulan untuk effort SEO kata kunci tertentu dan bahkan ada agency yang memberikan harga hingga 7 juta / bulan untuk kata kunci lainnya, sebuah harga yang kadang tidak rasional menurut kita. (*list harga dari beberapa agency SEO kami sertakan linknya dibawah untuk referensi Anda).

Pertanyaannya,, kenapa tingkat kesulitan / tingkat kompetensi sebuah keyword sangat mempengaruhi harga sebuah SEO ? Sederhana, karena semakin sulit tingkat kesulitan dan kompetensinya, effort dan amunisi yang dikeluarkan juga semakin besar, terutama untuk backlink building.

Yang menginginkan untuk menjadi nomor 1 di halaman pertama SERP Google bukan hanya Bapak / Ibu, tapi kompetitor lama (yang sudah bertengger sebelumnya) dan juga puluhan, ratusan bahkan ribuan kompetitor-kompetitor baru seperti Bapak / Ibu juga mau di posisi itu, jadi istilahnya nanti kita perang sama mereka, tinggal siapa yang mati2an dia yang bakal menang.

Karenanya, semakin banyak volume pengunjungnya dan semakin difficult keyword competencynya, harga juga semakin mahal, karena yang ‘ikut perang’ banyak, jadi amunisi dan effortnya juga banyak-banyakan.

Perhatikan gambar berikut ini :

 

Dari data diatas, kita tahu bahwa kata kunci “jasa pembuatan web” masuk ke kategory “sulit” dikarenakan ada 4.700.000 artikel yang sama (kompetensi) yang membahas masalah yang sama terkait keyword tersebut.

 

2. Volume Pencarian

Volume pencarian dari suatu kata kunci turut mempengaruhi harga dari suatu agency SEO. Volume ini di dapat dari hasil analisa secara komprehensif menggunakan tool tertentu.

Perhatikan image berikut ini :

Dari sajian data diatas, kita tahu bahwa volume pencarian untuk kata kunci “jasa pembuatan website” sebanyak 1.600 dalam satu bulan, masih kalah dengan keyword “jasa pembuatan website” yang memiliki volume pencarian sebanyak 19.000 per bulan.

3 negara lokasi user paling atas yang mencari kata kunci tersebut adalah Indonesia, USA dan Inggris, dengan Indonesia memiliki prosentase sebesar 96%. Kata kunci berbahasa indonesia memang lazim digunakan juga negara selain Indonesia, mungkin oleh orang indonesia yang berada di luar negeri (entah pelajar maupun pekerja).

Semakin besar volume pencarian suatu kata kunci, maka sulit  KD rasionya (Keyword Difficulty) serta Competencynya.

  3. CPC (Cost per Click dari keyword terkait)

CPC (Cost per Click) merupakan  harga yang harus Anda bayarkan kepada jasa iklan semisal Google Ads sekali website Anda diklik oleh user. Website yang Anda iklankan (misal via Google Ads) akan ditampilkan pada halaman pertama, tanpa melalui proses SEO.

Anda hanya akan dikenakan hanya jika ada orang yang mengklik website Anda. Besarnya biaya tergantung pada beberapa hal, misalnya KD (Keyword Difficulty), Tingkat Competency, Volume pencarian dalam satu bulan dan beberapa parameter lainnya. Contoh,

Harga CPC yang tinggi secara langsung mengindikasikan beberapa acuan penting seperti :

  1. KD (Keyword Difficulty)
  2. Tingkat Competency
  3. Volume pencarian
  4. Potensi kunjungan dan revenue Anda
  5. Dan parameter lainnya

 

4. Perbandingan dengan SEM (Search Engine Marketing)

Beberapa Agency SEO juga memperbandingkan dengan SEM terlebih dahulu sebelum menentukan harga sebuah jasa SEO.

SEM (Search Engine Marketing) adalah marketing digital dengan menggunakan layanan jasa CPC semisal Google Ads. Website yang diiklankan menggunakan SEM akan langsung berada pada halaman pertama google tanpa harus melalui SEO, namun Anda akan dikenakan biaya ketika ada user yang mengklik website Anda.

Nilai SEM merupakan perkalian antara CPC dengan volume pencarian,, kemudian dikali 30%.

Kenapa dikali 30%, karena sebuah study menyatakan bahwa website yang berada di peringkat atas google berpotensi mendapatkan bagian 30% dari total volume pencarian bulanan. Dengan kata lain, jika misalnya volume pencarian sebuah kata kunci adalah 10.000 tiap bulannya, maka potensi kunjungan ke website Anda jika berada pada peringkat atas google adalah 3000 kunjungan per bulan untuk 1 kata kunci, belum termasuk kata kunci lainnya.

Contoh, misalnya saya ingin membidik keyword “Jasa Pembuatan Website”. Saya bisa mencari CPCnya di situs seperti https://app.kwfinder.com

Seperti yang Anda lihat pada contoh diatas, keyword “Jasa Pembuatan Website” memiliki volume pencarian perbulannya 9900 dan CPC $0.88 (Rp 11.440 – asumsikan kurs dollar Rp 13.000,-).

Jika Anda menggunakan SEM (semisal Google Ads), maka alokasi budget yang harus Anda keluarkan kira2 sekitar

Namun itu jika user yang mengklik website Anda ada 2.970 orang. Jika kurang dari itu, maka biayanya juga berkurang. Sekali lagi, semua tergantung volume pencarian dan potensi kunjungan.

Catatan :

Harga $0.88 atau RP 11.440 merupakan harga bid teratas. Anda bisa mengebid harga ads di google ads, menekannya hingga 50% (Rp 5.720,-). Namun website Anda akan ditampilkan tidak pada posisi pertama jika bid Anda lebih rendah daripada bid yang diberikan oleh competitor Anda. Tergantung seberapa berani Anda  melakukan bidding.

5. Nilai Barang yang Anda Jual

Beberapa SEO Agency juga memasukkan nilai barang yang Anda jual kedalam parameter penentuan harga. Semakin besar nilai barang yang Anda jual dan semakan besar ROI yang Anda dapatkan, maka semakin besar pula harga yang mereka berikan.

Asumsikan Anda menjual barang senilai Rp 100.000,- dengan ROI 20%, maka jika ada 2.970 orang yang mengunjugi website Anda dan mereka membeli produk Anda, maka potensi keuntungan / ROI Anda adalah :

Tapi itu itung-itungan kasar yang mereka gunakan. Factanya convertion rate hingga 100% adalah sesuatu sangat amat sulit dicapai.

Untuk kami, kami berlaku fair. Berapapun nilai produk yang Anda jual, kami memperlakukannya secara  sama karena tidak berdampak pada effort SEO yang kami lakukan secara langsung.

Toh, produk dengan nilai mahal maupun murah, effort SEOnya tetap sama.

 

Share

Owner of Indotech ( www.indotech-corp.com )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *