Online Shop Development

Lets See The Potency

Salah satu alasan kenapa Anda perlu melirik online shop adalah terkait adanya trend kenaikan pengguna internet, tidak hanya di dunia, melainkan di Indonesia. Namun apakah Anda tahu berapa jumlah pengguna internet yang ada di Indonesia yang cukup dijadikan alasan kenapa Anda harus menggunakan media internet untuk mengembangkan usaha Anda dan mendapatkan pangsa dan jangkauan pasar yang lebih luas ?.

Sebuah lembaga riset pasar, yakni e Marketer memaparkan bahwa populasi netter atau pengguna internet Tanah Air mencapai angka 83,7 juta orang pada tahun 2014. Fantastis bukan ?. Ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan peringkat ke-6 di dunnia dalam hal jumlah pengguna Internet.

eMarketer juga memperkirakan bahwa jumlah pengguna internet akan terus mengalami kenaikan pada tahun-tahun berikutnya. Pada 2017, lembaga tersebut memperkirakan populasi netter indonesia akan mencapai 112 juta orang, praktis mengalahkan Jepang yang ada pada peringkat ke-5.

Secara keseluruhan, jumlah pengguna internet di seluruh dunia diproyeksikan bakal mencapai 3 miliar orang pada 2015. Tiga tahun setelahnya, pada 2018, diperkirakan sebanyak 3,6 miliar manusia di bumi bakal mengakses internet setidaknya sekali tiap satu bulan.

Pertumbuhan pesat pangsa pasar e-commerce di Indonesia memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Dengan jumlah pengguna internet yang mencapai angka 82 juta orang atau sekitar 30% dari total penduduk di Indonesia, pasar e-commerce menjadi tambang emas yang sangat menggoda bagi sebagian orang yang bisa melihat potensi ke depannya. Pertumbuhan ini didukung dengan data dari Menkominfo yang menyebutkan bahwa nilai transaksi e-commerce pada tahun 2013 mencapai angka Rp130 triliun.

2. Benefits of Having Your Own Online Shop

Berikut adalah rincian lebih detail mengenai manfaat online shop baik bagi pembeli (konsumen) maupun pebisnis (penjual):

a. Bagi Para Penjual

  1. Flexible dan Efisien

    Online Shop bisa dijadikan sarana transaksi yang mudah untuk buyer dalam berbelanja tanpa harus kena macet, kehujanan, kepanasan atau ketinggalan barang pada saat pulang berbelanja. Hal ini akan menjadikan target pasar Anda lebih nyaman dengan adanya online shop daripada datang ke offline shop.


  2. Bisa Diakses 24/7

    Online Shop dapat membuat pelayanan 24 jam. Owner Online Shop tidak harus buka tutup pintu toko dan tidak harus punya banyak pegawai untuk melayani buyer.


  3. Memudahkan Pelayanan Konsumen

    Online Shop dapat digunakan sebagai sarana komunikasi antara konsumen dengan admin Online Shop secara langsung ( menggunakan fitur live chat ). Ini mempermudah buyer jika mengalami kesulitan atau ingin bertanya seputar produk anda. Praktis, hal ini akan semakin mendekatkan Anda dengan pelanggan Anda.

  4. Alat Praktis Untuk Go Global

    Online Shop juga bisa digunakan jembatan untuk perusahaan distributor maupun toko retail bahkan individu untuk memasuki pasar international atau menjadi terkenal (meningkatkan brand awareness). Produk Anda akan dengan mudah diakses darimanapun dan kapanpun.

  5. Menghemat Biaya Marketing

    Dari sisi marketing, sangat membantu dan mempermudah untuk memasarkan produk anda. Anda tinggal share Online Shop di berbagai sosial media misalnya. Anda tidak perlu mengguanakan jasa orang atau sales untuk memperkenalkan atau menjelasan fitur produk Anda kepada calon pembeli Anda.

  6. Praktis

    Dapat dengan mudah mempresentasikan informasi produk anda dengan detail dan tidak perlu mengulang-ulang eksplanasi konsumen yang berbeda-beda. Online shop juga bisa digunakan sebagai catalogue digital yang selalu bisa diakses oleh calon peembeli Anda kapanpun dan dimanapun. Selain itu, dengan menjual barang secara online, maka si penjual atau pebisnis online shop tidak perlu lagi menjajakan barang dagangannya kepada si pembeli atau konsumen. Biasanya, pembeli atau konsumen yang akan mencari barang-barang yang di jual oleh pebisnis online shop

  7. Mengurangi biaya promosi

    Anda dapat mengintegrasikan website Anda dengan media sosial. Anda tidak harus membuat brosur atau promosi media cetak lainnya untuk memberitahu usaha Anda. Hampir semua orang memiliki akun di sosial media, nah disanalah Anda berpromosi cara paling mudah.

  8. Tidak terlalu “Menyita Waktu”

    Online shop tidak mengharuskan mereka pergi ke kantor dari jam sekian hingga sekian, terjebak dalam kemacetan yang menjengkelkan, mengenakan pakaian formal ataupun menaati sejumlah peraturan yang kurang efisien.

  9. Modal Minimal dengan Untung Maksimal

    Dengan memiliki online shop, Anda tidak harus membayar biaya sewa ruko yang mahal, tidak perlu khawatir adanya biaya operasional perusahaan yang membengkak (seperti untuk listrik atau air) serta tidak perlu pusing memikirkan gaji pagawai / penjaga toko. Hal ini bisa secara signifikan mengurangi biaya pengeluaran bulanan Anda.

  10. Brand Builder

    Usaha anda akan terlihat lebih professional dan terlihat lebih ter-manage dengan baik oleh calon buyer. Online Shop juga dapat meningkatkan kredibilitas dan reputasi usaha Anda. Anda bisa memasukan section untuk testimonial dari buyer sebelumnya. Hal ini akan membuat banyak calon buyer yang penasaran dengan produk Anda.

  11. Dapat Menarik Lebih Banyak Investor

    Online Shop juga dapat membuat para investor tertarik bekerja sama dengan Anda apabila Online shop Anda sudah memiliki nama besar , testimonial yang memuaskan dan kapabilitas Anda tidak usah diragukan lagi.

  12. Bisa Diakses Kapanpun dan Dimanapun

    Toko online Anda bisa diakses dimana saja dan kapan saja asalkan terhubung dengan jaringan internet.

  13. Transaksi Mudah

    Ketika berhasil menyukseskan sebuah penjualan, Anda bisa menggunakan beberapa payment method (seperti implementasi payment gateway) atau meminta pembeli Anda untuk mentransfer harga barang via atm.

b. Bagi Para Pembeli

  1. Kenyamanan

    Kenyamanan merupakan hal yang paling disukai dari para buyer. Dimana lagi mereka dapat berbelanja hanya mengenakan piama tidur di malam hari ? Buyer anda tidak perlu menunggu hingga asisten toko siap melayani mereka. Buyer hanya tinggal membeli karena online shop bekerja selama 24/7.

  2. Terbebas dari Keramaian dan tidak perlu berdesak-desakkan

    Ini nih yang biasanya dibenci para penggila belanja saat harus berperang di medan diskonan. Di media online, Anda tidak perlu berbelanja sambil berdesak-desakkan. Anda cukup duduk manis di depan gadget atau komputer Anda sambil menyusuri halaman web.

  3. Waktu dan tempat yang fleksibel

    Jika dibandingkan dengan berbelanja ke mall atau toko biasa, berbelanja secara online jauh lebih fleksibel. Anda bisa melihat berbagai produk dalam sekali klik kapan pun dan di mana pun Anda berada, tanpa peduli hujan badai sedang terjadi di luar.

  4. Belanja di tempat

    Saat kita ingin berbelanja di online store kita tidak harus meninggalkan rumah atau kantor kita hanya untuk berbelanja. kita cukup memesannya melalui internet maka pesanan kita tersebut akan di antarkan langsung.

  5. Online store buka 24 jam

    Dengan adanya online store yang selalu buka 24 jam kita tidak perlu susah-susah mengatur waktu untuk berbelanja, kapan saja kita menginginkan sesuatu kita bisa langsung memesannya.

  6. Beban yang Sedikit

    Kebanyakan buyer yang akan membeli produk di toko konvensional, maka selain mereka akan menghabiskan uang untuk membeli produk, mereka juga menyiapkan uang untuk makan bersama, biaya perjalanan hingga biaya tak terduga karena berbelanja.

  7. Berbelanja Sangat Praktis

    Manfaat online shop untuk si pembeli yaitu kepraktisan berbelanja yang ditawarkan oleh online shop. Mereka tidak perlu meluangkan waktu untuk keluar rumah, terjebak dalam kemacetan dan berlama-lama mengitari mall atau pusat perbelanjaan lain untuk mendapatkan barang atau jasa yang mereka butuhkan. Mereka tinggal memainkan jarinya dan mengklik barang yang disukanya, maka setelah melakukan beberapa transaksi, barang pun sampai di rumahnya.

  8. Transaksi Sangat Mudah

    Banyaknya online shop yang memberikan kemudahan kepada pembelinya, maka pembeli tidak harus membayar langsung barang yang dibelinya kepada si penjual. Si pembeli hanya tinggal mentransfernya lewat ATM, maka setelah dua hari barang yang diinginkan pun sampai. Pembeli juga bisa mengetahui spec dari barang dengan detail dan Seller tidak perlu menjelaskan panjang lebar mengenai informasi produk yang dijual kepada setiap calon konsumen.

  9. Jangkauan yang Sangat Luas

    Calon pembeli bisa mengakses produk suatu toko online dimanapun mereka berada asalkan ada jaringan internet. Batas-batas geografis sudah tidak berlaku disini sehingga mereka bisa menemukan barang yang tidak terdapat pada daerah mereka.

  10. Keamanan Bertransaksi

    Buyer tidak perlu membawa-bawa uang ketika bertransaksi selayaknya belanja di mall (yang memiliki resiko uang hilang, dicopet, ketinggalan atau lain sebagainya). Dengan berbelanja secara online, ketika buyer tertarik dengan suatu produk, mereka hanya perlu mentransfer harga via internet banking atau ATM. Hal ini praktis jauh lebih efisien daripada harus berbelanja secara offline.

  11. Privasi

    Ada sebagian orang yang tidak ingin memperlihatkan barang belanjaannya kepada orang lain. Nah, dengan melakukan online shopping, Anda akan mendapatkan privasi penuh. Tidak akan ada orang yang tahu barang yang Anda beli kecuali Anda sendiri.

  12. Ramah lingkungan

    Selama berbelanja online, para konsumen tidak perlu berpergian sehingga menghemat bahan bakar yang berarti menurunkan pembakaran bahan bakar dan polusi udara. Bahkan dengan hadirnya toko online, kertas yang digunakan pun berkurang.

Silahkan menghubungi kami via Telp/WA atau email untuk informasi lebih lanjut.