IT Education


1. Lets Analyze The Potency

Dimasa-masa mendatang, teknologi informasi akan secara konsisten berperan penting dalam pertumbuhan perekonomian nasional sebagaimana saat ini. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa teknologi informasi telah digunakan hampir disetiap lini bisnis perusahaan, institusi maupun edukasi atau organisasi lainnya.

Sebagaimana dunia usaha serta perekonoian modern yang menghadapi tantangan global yang terus bergerak dinamis dan semakin berkembang, sehingga mengharuskan setiap individu memiliki ketrampilan yang “menjual” dan mampu bersaing di pasar global. Saya pikir kita sepakat bahwa “Individu yang dapat menguasai informasi memiliki peluang paling besar meraih sukses”.

Karenanya, teknologi informasi bagaikan senjata ampuh yang mampu digunakan dalam menghadapi era digital seperti sekarang ini. Melalui pembelajaran Teknologi Informasi, kami berusaha menjawab tantangan global dengan memberikan pengajaran yang komprehensif dan tersistemasi agar memiliki kompetensi tenaga profesional IT maupun sebagai seorang technorepreneur.

Kami memiliki visi untuk menjadi sebuah lembaga pembelajaran yangmana menjadi pusat unggulan dalam pembelajaran teknologi informasi dengan menyediakan bahan ajar terkait dasar-dasar dalam pembangunan teknologi website dan software berbabis web (web based application). Diharapkan, mereka yang telah menempuh pembelajaran apda lembaga kami memiliki pemahaman yang terintegarsi menganai alur pembangunan sebuah aplikasi, semisal system analysis, database design, system architecutre beserta hal-hal yang terlibat didalamnya.

Semua materi kami susun secara komprejensif dan tersistematis untuk memudahkan para peserta didik dalam memahami seluk-beluk pembuatan sebuah aplikasi. Para peserta didik juga diharapkan memiliki kemampuan keterampilan dasar dan kemajuan dalam mengimplementasikan dan mengembangkan aplikasi berbasis web beserta pemeliharaan sistem manajemen informasi.

Target kami, setelah selesai dalam mengikuti program pembelajaran yang kami berikan, para peserta didik memiliki dasar pengetahuan serta ketrampilan yang mendalam memahami dasar-dasar yang membentuk arsitekture sebuah aplikasi serta mampu melakukan pengolahan, analisa dan melakukan rekayasa perangkat lunak yang inovatif, teruji, efektive terhadap kebutuhan user serta efisien dalam penggunaannya.

Selain itu, kami juga berharap para peserta didik kami mampu membrikan solusi praktis terhadap suatu permasalahan kebutuhan klien dan menuangkannya dalam suatu permodelan proses bisnis serta mengimplementasikannya kedalam sebuah aplikasi. Kami meyakini ketrampilan tersebut sangat penting dalam proses pengembangan suatu aplikasi, karenanya perlu ditanamkan secara kuat pada perspektif pengembangan aplikasi peserta didik kami.

2. Bidang Ketrampilan

Kami mengajarkan berbagai element yang dibutuhkan dalam pengembangan Website, Online Shop maupun Cloud Based Apps. Perlu diingat bahwa kami tidak hanya mengajarkan, kami juga memberikan teknik-teknik untuk mengefisienkan proses Anda dalam mengembangkan sebuah website atau Aplikasi. Materi kami bagi menjadi 3 kategori : Basic, Medium dan Advance. Adapun modul-modul yang kami sediakan dalam kurikulum pembelajaran kami adalah :

  1. HTML

    Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal serta disimpan dengan ekestensi .html sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.


  2. CSS3

    Cascading Style Sheet (CSS) merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemograman. Sama halnya styles dalam aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa berkas (file). Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.

    CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna bagian tubuh pada teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lainnya. CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.


  3. Javascript

    JavaScript adalah bahasa pemrograman client-side yang biasanya digunakan untuk memproses data pada sisi browser sebelum akhirnya dikirim ke server meskipun implementasi penggunaannya tidak terbatas pada itu saja. JavaScript dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Penggunaan kode JavaScript dapat disisipkan dalam satu halaman dengan HTML dan PHP menggunakan tag SCRIPT.


  4. Bootstrap

    Bootstrap adalah sebuah alat bantu untuk membuat sebuah tampilan halaman website yang dapat mempercepat pekerjaan seorang pengembang website ataupun pendesain halaman website.

    Bootstrap dibangun dengan teknologi HTML dan CSS yang dapat membuat layout halaman website, tabel, tombol, form, navigasi, dan komponen lainnya dalam sebuah website hanya dengan memanggil fungsi CSS (class) dalam berkas css yang telah didefinisikan. Selain itu juga terdapat komponen-komponen lainnya yang dibangun menggunakan JavaScript.


  5. Jquery

    jQuery adalah Library JavaScript lintas-platform yang didesain untuk menyederhanakan client-side scripting pada HTML. Dewasa ini, jQuery merupakan Library JavaScript yang paling populer, dengan 65% pemasangan dari 10 juta situs Web dengan pengunjung tertinggi.

    Sintaks pada jQuery didesain untuk memudahkan dalam navigasi sebuah dokumen, pemilihan elemen DOM, pembuatan animasi, penanganan event, dan pengembangan aplikasi berbasis Ajax. jQuery juga menyediakan kemampuan bagi para pengembang untuk dapat membuat plug-in pada Library JavaScript ini. Ini memungkinan mereka untuk membuat abstraksi pada interaksi dan animasi tingkat-rendah, efek lanjutan, serta tampilan widget yang dapat dimodifikasi. Pendekatan modular pada jQuery memungkinkan kita dalam pembuatan halaman Web yang dinamis dan aplikasi berbasis Web yang baik, reliable dan teratur.


  6. PHP

    PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip server-side yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis maupun Cloud Based Apps. PHP juga dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

    PHP hanya mengeksekusi kode yang ditulis dalam pembatas sebagaimana ditentukan oleh dasar sintaks PHP. Apapun di luar pembatas tidak diproses oleh PHP (meskipun teks PHP ini masih mengendalikan struktur yang dijelaskan dalam kode PHP. Tujuan dari pembatas ini adalah untuk memisahkan kode PHP dari kode di luar PHP, seperti HTML, Javascript.


  7. MySQL

    MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL atau DBMS (Database Management System) yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL merupakan turunan salah satu konsep utama dalam basisdata yang telah ada sebelumnya; SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian basisdata, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.


  8. Code Igniter

    CodeIgniter merupakan aplikasi sumber terbuka yang berupa framework PHP dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis atau Cloud Based Apps dengan menggunakan PHP. CodeIgniter memudahkan developer untuk membuat aplikasi berbasis web dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal.

    Framework itu sendiri secara sederhana dapat diartikan kumpulan dari fungsi-fungsi/prosedur-prosedur dan class-class untuk tujuan tertentu yang sudah siap digunakan sehingga bisa lebih mempermudah dan mempercepat pekerjaan seorang programer, tanpa harus membuat fungsi atau class dari awal.


  9. Additional Modules : Ajax and JSON

    Asynchronous JavaScript and XMLHTTP, atau disingkat AJaX, adalah suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan aplikasi web interaktif. Tujuannya adalah untuk memindahkan sebagian besar interaksi pada komputer web surfer, melakukan pertukaran data dengan server di belakang layar, sehingga halaman web tidak harus dibaca ulang secara keseluruhan setiap kali seorang pengguna melakukan perubahan. Hal ini akan meningkatkan interaktivitas, kecepatan, dan usability. Perlu dicatat bahwa Ajax bukanlah teknologi spesifik, melainkan merupakan gabungan dari teknologi yang dipakai bersamaan.

    JSON, singkatan dari JavaScript Object Notation adalah suatu format ringkas pertukaran data komputer. Formatnya berbasis teks dan terbaca-manusia serta digunakan untuk merepresentasikan struktur data sederhana dan larik asosiatif (disebut objek). Format JSON sering digunakan untuk mentransmisikan data terstruktur melalui suatu koneksi jaringan pada suatu proses yang disebut serialisasi. Aplikasi utamanya adalah pada pemrograman aplikasi web AJAX dengan berperan sebagai alternatif terhadap penggunaan tradisional format XML. Walaupun JSON didasarkan pada subset bahasa pemrograman JavaScript (secara spesifik, edisi ketiga standar ECMA-262, Desember 1999 dan umumnya digunakan dengan bahasa tersebut, JSON dianggap sebagai format data yang tak tergantung pada suatu bahasa. Kode untuk pengolahan dan pembuatan data JSON telah tersedia untuk banyak jenis bahasa pemrograman.


Pastikan Anda mengetahui manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan dengan memiliki website serta value added apa saja yang akan Anda peroleh dari kami sebelum Anda memesan jasa pembuatan website kepada kami.

3. Kualifikasi Lulusan

Kami berharap peserta kursus yang telah mengikuti masa pembelajaran kami memiliki skill dalam bidang IT sesuai dengan tahap yang mereka ambil.

Silahkan menghubungi kami via Telp/WA atau email untuk informasi lebih lanjut.