Kenapa Harga Software Berbeda-beda

Dalam memesan sebuah jasa teknologi, terkadang Anda akan mendapati adanya harga yang berbeda-beda yang diberikan oleh agency-agency yang Anda temui. Apa yang membuat harga-harga yang mereka tawarkan berbeda-beda ? dan berapa harga paling rasional yang perlu Anda bayarkan ?

Well, untuk mengetahui harga rasional yang harus Anda bayarkan, Anda harus tahu terlebih dahulu beberapa faktor atau variable yang mempengaruhi harga tersebut. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui detail dari layanan yang akan Anda pesan, terlebih untuk sebuah layanan teknologi yang tidak terlalu Anda mengerti.

Kita akan membahas beberapa elemen yang perlu Anda pertimbangkan (dan tanyakan pada diri sendiri) sebelum Anda memesan sebuah jasa teknologi, termasuk sebuah software atau aplikasi.

1. Apakah Anda menginginkan software yang murah namun fitur minim atau software yang berkualitas dengan modul dan kualitas advance ?

Sudah umum Anda menemui istilah “Anda akan mendapatkan sebanyak yang Anda bayarkan”.

Dalam produk teknologi, semakin advanced dan semakin terjamin kualitas product tersebut, maka harganya juga bisa semakin tinggi. Berbeda halnya dengan sebuah software dengan harga hanya 1 jutaan atau bahkan ratusan ribu. Dari segi sekuritas, accessibilitas dan reliabilitas server akan sangat kerasa. Pastikan agency Anda tidak menggunakan hosting murahan (atau bahkan gratisa !) yang bisa-bisa membuat software Anda live hanya sekitar 3 bulanan, setelah itu error dan tidak bisa diakses lagi.

Untuk domain sendiri, harganya berkisar antara 120 ribuan, sedangkan untuk hosting harganya berkisar dari 250 ribuan hingga 600 ribuan untuk yang type shared hosting. Untuk yang cloud atau VPS, harganya bisa mencapai 1 bahkan hingga 2 juta per tahun. Anda bisa melakukan survey terkait hal ini di google.

2. Apakah Anda menginginkan / membutuhkan sebuah software “standard” atau software “custom” ?
Sangat penting untuk mengetahui detail layanan, modul dan features dari software yang akan Anda pesan. Jangan sampai Anda sudah terlanjur memesan dan membeli namun pada akhirnya tidak terpakai karena tidak mampu mengcover kebutuhan perusahaan Anda.

Untuk software standard, jelas harganya jauh berbeda dengan software custom. Namun Anda tidak diizinkan untuk “minta ini dan minta itu”. Software sudah siap pakai dengan modul dan fitur standard yang sudah dikembangkan. Customisasi atau penambahan modul, fitur atau business process sesuai kebutuhan perusahaan tidak diperkenankan. Pengubahan dataflow jelas juga tidak bisa.

Untuk software custom harganya pastinya lebih tinggi daripada software standard. Namun Anda diberi wewenang untuk request modul, fitur, business process dan dataflow spesifik sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Harganyapun tergantung pada beberapa parameter, seperti :
– Jumlah modul / menu
– Jumlah feature yang diminta
– Kesulitan business process
– Dataflownya seperti apa, apakah melibatkan banyak entitas / keterkaitannya “rumit” (pengaruh ke database design => ke revisi2nya nanti)
– Potensi datanya (pengaruh ke maintenance dan perancangan databasenya)

Itulah kenapa Anda mungkin akan mendapati adanya software dengan harga dari 1 jutaan hingga 100 jutaan jika Anda benar-benar mau melakukan survey.

3. Seberapa kompeten dan trustable agency yang Anda gunakan ?

“BANYAK yang bisa membuat Website / Software, Tapi TIDAK BANYAK yang bisa Memaintenancenya, Mengoptimasinya, Memaksimalkan Securitynya atau sekadar Menawarkan Design Exclusive. Kami menawarkan solusi integratif dan komprehensif untuk kebutuhan Anda akan suatu produk teknologi yang berkualitas dan dapat diandalkan.”

Ya, banyak orang yang menawarkan aplikasi di luaran sana, bahkan anak SMK juga bisa melakukannya. Namun tidak banyak dari mereka yang bisa mengoptimasinya dari berbagai aspek, memaintenancenya serta memaksimalkan sekuritasnya. Beberapa malah membeli suatu software dari orang lain untuk kemudian dijual lagi (berupa software standard – yangmana tidak bisa dicustom)

Alhasil, banyak software atau aplikasi yang sebentar-sebentar error atau 3 bulan berjalan sudah tidak bisa diaskes (karena overload data). Karenanya sangat penting bagi Anda untuk memastikan agency yang akan Anda pakai, baik dari segi legalitas, kualitas, kompetensi, kapabilitas serta track record yang sudah mereka capai.

4. Apakah mereka mampu mengcover semua request Anda akan modul / feature tertentu ?

Seperti yang sudah saya ungkapkan diatas bahwa banyak orang yang bisa membuat sebuah website menawarkan software, namun tidak banyak yang bisa memaksimalkannya dari berbagai aspek, tergantung level dan kapabilitas mereka.

Analoginya, mungkin banyak orang bisa membuat rumah sederhana ukuran 9×4, tapi tidak banyak yang mampu membuat sebuah rumah megah atau juga sangat sedikit orang yang mampu membuat sebuah banguan tinggi semisal gedung hotel atau lainnya.

Semakin advance pengembangan yang dilakukan, maka semakin membutuhkan tenaga yang kompeten dan memiliki kapabilitas besar. Jangan sampai Anda sudah terlanjur memesan jasa pengembangan sebuah website atau software, namun mangkrak atau berhenti ditengah jalan karena ketidak mampuan agency Anda serta ketidak jelasan Anda ketika merequest diawal.

Untuk mengetahui variable apa saja yang mempengaruhi harga sebuah website atau software, silahkan Anda klik link berikut : Variable Harga Sebuah Website atau Software.

Share

Owner of Indotech ( www.indotech-corp.com )

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *